Perubahan Sistem Seleksi Masuk PTN Tahun2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menetapkan skema baru terkait jalur masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Aturan tersebut telah ditetapkan melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Dalam pasal 3 dijelaskan bahwa jalur penerimaan mahasiswa baru terbagi menjadi tiga, yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes, dan seleksi secara mandiri oleh PTN.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menetapkan skema baru terkait jalur masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Aturan tersebut telah ditetapkan melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Dalam pasal 3 dijelaskan bahwa jalur penerimaan mahasiswa baru terbagi menjadi tiga, yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes, dan seleksi secara mandiri oleh PTN.

Lebih lanjut, berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 346/P/2022, akan ada Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023. Urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 ini berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek. Berarti terdapat perbedaan antara SNMPTN dan SNBP dalam proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kini, Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) ditetapkan sebagai sistem baru penerimaan mahasiswa baru. Tes seleksi masuk PTN sudah tidak lagi dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pada ketentuan baru yang ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), proses seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN ini nantinya berada di bawah Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP).

Perubahan Sistem Seleksi Masuk PTN

Perubahan sistem seleksi masuk PTN adalah sebagai berikut:

a)      Jalur Prestasi (SNBP)

SNBP bisa dikatakan sebagai versi upgrade dari jalur SNMPTN yang selama ini kita ketahui. Hanya saja ada perbedaan signifikan. Jika sebelumnya pada jalur SNMPTN siswa hanya perlu menyetorkan nilai dari 6 mata pelajaran saja, untuk SNBP diperlukan nilai rata-rata seluruh mata pelajaran.

Sistem seleksi pada SNBP adalah sebagai berikut:

1)      Minimal 50% rerata nilai rapor seluruh mata pelajaran

2)      Maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat, yang dapat mencakup:

  1. Nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung; dan/atau
  2. Prestasi; dan/atau
  3. Portofolio (untuk program studi Seni dan Olahraga)

PTN berhak menentukan komposisi persentase komponen 1 dan 2 dengan total 100%. Penentuan ini juga dapat berbeda antarprodi dalam PTN yang sama.

Dengan perubahan SNMPTN ini, semua mata pelajaran tetap memiliki bobot dan siswa menjadi terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran. Siswa juga jadi terdorong untuk mengekspolari minat dan bakatnya secara lebih mendalam.

 

b)      Jalur Tes atau SNBT

Jalur tes atau SNBT merupakan transformasi baru dari SBMPTN. Jalur tes ini juga mengalami perombakan yangcukup mempengaruhi iklim pendidikan Indonesia kedepannya terutama pada lembaga penyedia bimbingan belajar.

Pada seleksi nasional berdasarkan tes, komponen penilaiannya untuk mengukur:

1)      Potensi kognitif

2)      Penalaran matematika

3)      Literasi dalam bahasa Indonesia

4)      Literasi dalam bahasa Inggris

Selain itu, PTN dapat menambahkan persyaratan portofolio untuk program studi seni dan olahraga. Selain portofolio, PTN juga diperbolehkan menambahkan persyaratan lainnya untuk program studi yang membutuhkan keterampilan spesifik.

Pak Nadiem mengatakan bahwa selama ini dikarenakan beban materi terlalu banyak, maka guru dituntut untuk segera menyelesaikan proses transfer materi dan kemudian disusul dengan memberikan materi hafalan yang terlalu berlebihan pada siswa. Akibatnya, kualitas pendidikan menjadi menurun.

c)      Jalur Mandiri

Jalur mandiri selama ini dianggap sebagai jalur untuk orang-orang yang mampu secara finansial saja. Untuk itulah, untuk menghapus stigma ini, maka pemerintah membuat peraturan terbaru dengan maksud mendorong transparansi proses seleksi jalur mandiri.

Jika sebelumnya kewenangan seleksi jalur mandiri diserahkan pada masing-masing perguruan tinggi serta tidak banyak mendapatkan intervensi dari pemerintah, maka untuk tahun 2023 nanti PTN diharapkan untuk melaporkan beberapa hal pada pemerintah.

Kini pemerintah akan mengatur agar Seleksi Mandiri oleh PTN bisa lebih transparan. Seleksi Mandiri oleh PTN harus berdasarkan seleksi akademis dan dilarang dikaitkan dengan tujuan komersial.

Sebelum pelaksanaan Seleksi Mandiri PTN diwajibkan untuk mengumumkan beberapa hal, yaitu:

  • Jumlah calon mahasiswa yang akan diterima oleh masing-masing program studi/fakultas
  • Metode penilaian calon mahasiswa, yang terdiri dari:
    1. Tes secara mandiri
    2. Kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi
    3. Memanfaatkan nilai SBMPTN
    4. Metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan
  • Besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi

Sesudah pelaksanaan Seleksi Mandiri PTN diwajibkan untuk mengumumkan beberapa hal, yaitu:

  • Jumlah peserta seleksi yang lulus seleksi dan sisa kuota yang belum terisi
  • Masa sanggah selama 5 hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi
  • Tata cara penyanggahan hasil seleksi

Itulah tadi tiga jalur baru dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2023 mendatang. Tentu saja ada sisi baik dan sisi buruk yang akan muncul. Sisi baiknya misalnya adalah pemerintah semakin serius untuk menghapus ketimpangan pendidikan di Indonesia.Daya tampung untuk jalur masuk seleksi nasional berdasarkan prestasi pada setiap program studi di PTN ditetapkan minimal 20%. Nantinya, daya tampung pada setiap program studi ditetapkan dengan keputusan pemimpin masing-masing PTN. Nantinya, jika tidak terpenuhi, maka daya tampung dapat dialihkan ke seleksi nasional berdasarkan tes.


Siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan. Memiliki prestasi akademik dan/atau nonakademik baik dan konsisten
Masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.

Jalur penerimaan ini dilakukan pada semester akhir tahun ajaran berjalan, tepatnya sebelum pengumuman kelulusan pendidikan menengah sampai dengan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah pada tahun ajaran berjalan.


Berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 346/P/2022, akan ada Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023. Urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 ini berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.

Tentang LKP Duta

LKP BIMBEL DUTA

Head Office

Graha Duta Bekasi Lantai 2

Jl. Taman Kebalen G1/2

Bekasi

 

Cabang Kebalen

  bimbeldutakebalen(@) gmail.com

0812-9981-8584, 021-89131749

Ruko Taman Kebalen G1 No 2 Kebalen

Bekasi, Jawa Barat

 

Cabang Alamanda

email : bimbeldutaalamanda(@)gmail.com

Telp : 0856-1557-221, 0823-1797-6529

Perumahan taman alamanda blok AA1 NO 03 , Kel. desa Karang Satria ,

Kec. Tambun Utara , Kab.bekasi, Jawa Barat

Jawa Barat

 

Cabang Pemalang

Email : bimbeldutakebalen(@) gmail.com
Telp : 0853-2637-0816

Jalan Sindoro, Ruko Kantor Pos Lama no 6, Pemalang

Jawa Tengah

 

 

Cabang Banjardawa

Email : dutabanjardawa (@) gmail.com
Telp :  0284-3291223, 0853-2689-2468

Jalan Raya Banjardawa, Kios berkah jaya C21-22, Banjardawa

Jawa Tengah

 

 

BIMBINGAN BELAJAR DUTA

Berita Update

17
Jan2014

Home

LKP Duta adalah lembaga kursus resmi yang berkedudukan di Bekasi. LKP Duta memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional...

24
Sep2017

Prinsip-prinsip Belajar

Berdoa Apabila ada yang sifatnya hafalan, maka dibaca lalu dihafalkan 3 kali dengan tidak melihat text, dengan mengeluarkan...

24
Sep2017

Penghambat Belajar

Berikut hal-hal yang bisa menghambat dalam belajar, sehingga hasil ujiannya kurang memuaskan 1. Tidak niat, sekolah yang penting...

04
Oct2017

Quiz hari ABRI

Kuis dalam rangka hari ABRI khusus siswa bimbel Duta 1. Apakah kepanjangan TKR? 2. Sebutkan nama kepangkatan TNI dari...

07
Nov2017

Perkalian dengan 11

Perkalian dengan 11 merupakan perkalian yang sangat mudah Caranya adalah dari belakang Bilangan pertama langsung diturunkan dari bilangan yang dikali...

22
Nov2017

Hitung Cepat Perkalian 2 Digit

Berikut ini merupakan rahasia trick perkalian dua digit angka (contoh : 19 x 14 = ??), dengan...

05
Dec2017

Jurusan SMK yang paling banyak...

Jurusan SMK yang paling banyak dicari 1. Jurusan Otomotif    Tidak dipungkiri dunia Otomotif di Indonesia sangat berkembang cepat....

30
Jan2018

Cara Mengikuti SNMPTN

  Masuk Universitas negeri merupakan impian setiap Siswa SMA/SMK Untuk masuk kampus negeri ada 3 jalur 1. SBMPTN 2. SNMPTN 3. Ujian...

06
Feb2018

Jumlah Siswa Bimbel Duta Meroket

Pemalang - Kebutuhan akan bimbingan belajar di Pemalang rupanya cukup tinggi. Pertama kali dibuka di Pemalang pada...

24
May2018

8 Jalur Bakat Alamiah

8 Jalur Bakat Alamiah Untuk Sukses   Setiap anak memiliki bawaan masing-masing yang tidak sama. Pintar dalam sekolah belum...

26
Jun2018

Penanaman Karakter pada Anak

Apa Pentingya penanaman karakter pada anak usia dini Dalam hidup setiap manusia memiliki karakter yang berbeda beda. Semua...

29
Jun2018

LKP DUTA

LKP DUTA merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan PT. Tras Tekno Indonesia, dengan nomor akta pendirian SK MENKUMHAM...

03
Sep2018

Jurusan Kuliah Paling Paforit di...

10. Pendidikan Dokter UNS - 56,80% Kota Solo yang Indah memiliki jurusan yang paforit Fakultas Kedokteran UNS. (Sumber:...

25
Sep2018

Cara Menghitung Luas Tembereng

Menghitung luas tembereng sering kali menjadi momok buat siswa. Tetapi dengan telaten sebenarnya sangat mudah menghitung luas...

20
Nov2018

SBMPTN 2019

SBMPTN 2019, menganut sistem yg berbeda, kalo dulu milih jurusan dulu baru tes, di 2019 nanti tes...

12
Dec2019

3 Rumus Ajaib Matematika...

Hayo, siapa yang kalau belajar Matematika (https://ruangguru.com/guru/?keyword=MATEMATIKA%20SMA utm_source=blog utm_medium=referral utm_campaign=ingin-pintar-matematika-cek-5-rumus-ajaib-berikut-ini) masih ogah-ogahan? Susah? Mumet karena penuh dengan angka dan...

13
Dec2019

Coding untuk Pemula

  Kata siapa belajar coding itu harus memakan waktu lama dengan segala materi yang rumit? Anggapan tersebut sudah...

13
Dec2019

Belajar Algoritma Pemrograman Dengan Menyenangkan

Dalam beberapa tahun ini sebuah organisasi non profit yang mengelola website bernama Code.org (https://code.org/) sudah melakukan event rutin tahunan...

14
Dec2019

Bagaimana Cara Belajar Pemrograman?

Belajar pemrograman atau coding itu mudah. Serius. Ya mudah bagi saya yang sudah familiar dengan beberapa bahasa pemrograman. Namun, bagi...

16
Dec2019

Duta Programing Academy

Apasih Duta Programing Academy Duta Programing Academy adalah satu-satunya kursus/pembelajaran pemprograman di Pemalang yang membahas tentang Coding. Apasih yang...

«
»

Layanan

  • Bimbingan Belajar SD, SMP, SMU/SMK
  • Calistung
  • Kursus Komputer / IT
  • Kursus Kewirausahaan
  • Kursus Bahasa Inggris
  • Kursus Bahasa Korea
  • Kursus Manajemen (Scrum, Customer Service, Balance Scorecard)

Layanan Lain:

  • Pembuatan Software atau aplikasi
  • Konsultasi Bisnis